Pengalaman Menjadi Publisher Google dan Verifikasi Bank Google Adsense

google adsense

GenerasiPenerus.com - Saya mengenal dunia publisher sekitar setahun yang lalu, ketika saya mencoba untuk menggelutinya banyak sekali pengalaman manis dan pahit yang saya dapatkan.

Mulai dari bingung mau buat konten apa, sampai ingin mau nyerah dengan kerjaan pengangguran sibuk ini :D

Dunia publisher memang enak, hanya saja kita dituntut untuk selalu aktif mengelola akun kita, entah itu youtube, blog atau developer aplikasi.

Semuanya sama saja, kita membutuhkan kerja keras, kesabaran dan tentunya ketekunan yang harus kita lakukan.

Semakin kita rajin mengelola akun, semakin menanjak pula trafik yang akan kita dapatkan.

Jadi kalau kita baru saja diterima / aproved sebagai partner google publisher, entah pada youtube, blog atau aplikasi, sebenarnya itu baru langkah awal untuk kita menghasilkan pundi-pundi uang dari platform tersebut.

Biasanya, ketika kita baru diterima sebagai partner google publisher maka bayangan atau imajinasi kita akan langsung mengarah kepada penghasilan tiap bulannya.

Tidak salah juga berpikiran seperti itu, namun sebenarnya perjalanan kita baru di mulai :D
Perjalanan panjang yang akan sangat melelahkan harus kita tempuh.

Kita membutuhkan kekuatan yang super dari dalam diri kita, dan itu semua tidak akan kita punyai selama kita masih berpikiran tentang uang dan uang.

Kita harus berani mengambil resiko dan selalu berdo'a kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kita sebagai muslim juga harus menjaga sholat lima waktu kita, sebagai bentuk rasa syukur kita diperkenankan untuk hidup dan mengenal dunia adsense.

Setidaknya kita membutuhkan minimal 1 tahun agar akhirnya kita bisa menghasilkan dari adsense, kecuali kita punya modal untuk mempromosikan konten kita.

Tapi jujur aja, kita yang main adsense dari awal kebanyakan dari kalangan menengah kebawah yang kebanyakan tidak mempunyai modal terlalu besar, paling modal kuota aja.

Dan benar saja, waktu yang kita tempuh akan sedikit lama karena kita mengandalkan trafik organik dari pencarian google itu sendiri.

Bagi yang mempunyai modal mereka biasanya mempromosikan kontennya dengan beriklan di google adwords/google ads, maupun fb ads.

Yah, tidak juga melarang karena kita mempunyai kemampuan yang berbeda beda.

Kembali lagi buat motivasi temen-temen sesama publisher pemula, saya sangat senang jika bisa membantu sesama publisher.

Intinya kita harus mempunyai jiwa yang pantang menyerah, mental baja dan sabar.

Yang semua itu tidak akan bisa kita dapatkan kecuali dengan izin Yang Maha Kuasa, maka selalu berdo'a dan beribadahlah.

Oke, itu sedikit motivasi buat publisher pemula seperti saya ini, bagi yang sudah pro tidak disarankan membaca artikel saya ini :D.

Oke kita lanjut pengalaman verifikasi bank di adsensenya

Kalau kita sudah di aprove oleh adsense dan menayangkan iklan, maka kita harus menunggu minimal $10 atau Rp 130.000 untuk bisa memverifikasikan akun adsense kita.

Jadi kalau saldo kalian masih dibawah angka diatas, tidak perlu melakukan apapun di akun adsensenya.

Jika saldo sudah berada diatas angka tersebut, maka otomatis kita akan mendapat pemberitahuan melalui e-mail kita ataupun langsung di akun adsense kita.

Bahwa kita harus mengisi alamat lengkap karena nanti sebelum kita verifikasi bank, kita verifikasi terlebih dahulu pin yang akan dikirimkan ke alamat rumah kita.

Isi alamat rumah dengan benar dan lengkap untuk mempermudah tukang pos mengirimkan pin dari google.

Biasanya pin akan sampai dalam waktu kurang lebih satu bulan terhitung sejak kita request pin.
Apabila kita sudah memverifikasikan pin adsense kita, selanjutnya kita akan disuruh verifikasi data identitas kita, bisa pakai KTP ataupun SIM yang masih berlaku.

Setelah semuanya sudah diverifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memverifikasi rekening bank.
Jika belum muncul notifikasi untuk memverifikasi bank, maka kita tidak perlu melakukan apa-apa terlebih dahulu, karena adsense biasanya meminta verifikasi bank setelah pin diverifikasi ataupun ketika saldo kita sudah berada di atas ambang batas penarikan yaitu $100 atau Rp 1.300.000.

Untuk memverifikasikan bank, kita cukup mengikuti perintah yang tersedia di akun adsensenya, mulai dari memilih bank yang kita gunakan, menulis nama yang tercantum di akun bank kita, dan masukkan nomor rekening bank kita.

Setelah data terkirim, kita juga harus memverifikasikan bank kita dengan menunggu transferan dari Google Asia Pasific yang tidak lebih dari Rp 1.000.

Proses verifikasi ini membutuhkan waktu 2-5 hari kerja.

Artinya hari sabtu-minggu atau hari libur lainnya tidak akan ikut dihitung.

Untuk pengalaman saya sendiri, saya hanya membutuhkan waktu 1 hari untuk menerima transferan dari google tersebut.

Kemudian kita klik akun adsense kita dan masukkan nilai yang ditransfer google kita.
Akan lebih baik jika kita mempunyai m-banking, karena akan mempermudah mencari transaksi dari Google yang dikirim ke kita.

Saya sendiri menggunakan OVO sebagai rekening bank, selain praktis OVO ini juga mudah digunakan dan bisa melakukan transfer ke bank manapun tanpa potongan biaya.


Setalah semua data kita verifikasi, tunggu saatnya kita gajian dengan terus bekerja keras membuat konten.

nah, mungkin segitu dulu ya pengalaman dari awal memulai menjadi google publisher sampai detik ini, semoga bisa bermanfaat.

Apabila kalian masih bingung atau ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan silakan bisa berkomentar pada kolom di bawah ini.

Akhir kata, terima kasih telah membaca artikel saya, dan salam generasi penerus !

0 Response to "Pengalaman Menjadi Publisher Google dan Verifikasi Bank Google Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel