Karomah Kyai Badri Masduki Pergi ke Mekkah dalam Sekejap


GenerasiPenerus.com - Kyai Badri Masduki Probolinggo merupakan kyai yang berilmu luas dan kharismatik serta mempunyai pendirian yang kuat meskipun kontroversilal.
Karena pendiriannya yang kuat, Kyai Badri sering merepotkan para kyai di forum-forum Nahdlatul Ulama.

Gusdur pernah menceritakkan pada santrinya tentang teguhnya pendirian kyai Badri pada saat forum bahtsul masail. Kyai Badri sangat keras dan ngotot dengan pendiriannya ketika sedang membahas suatu hal (karena bahtsul masail merupakan forum untuk merumuskan masalah dan kerap terjadi perdebatan).

Para kyai yang lainnya padahal sudah setuju, di tengah-tengah suasana yang sedang tegang, tiba-tiba kyai Badri berdiri dan berucap "Kalau begini terus caranya, saya keluar".

Seketika forum hening, hanya Gusdur yang mampu menjawab ucapan Kyai Badri yang pada saat itu memimpin forum bahtsul masail sambil nyletuk "Mau kemana Pak Kyai, jangan pulang dulu kita telaah dulu pendapat sampean".

Kemudian Kyai Badri menoleh dengan wajah yang serius, "Siapa yang mau pulang, saya mau ke toilet". Seketika semua peserta rapat tertawa.

Kyai Badri termasuk kyai yang sangat disegani di kalangan masyarakat tak terkecuali kalangan santri.

Ada sebuah kisah yang menakjubkan yang pernah di alami oleh seorang santri, ketika itu sang santri datang kerumah Kyai Badri ingin meminta barokah karena akan melaksanakan ibadah haji.
Setelah selesai berdo'a, Kyai Badri meminta satu permintaan kepada santri tersebut "Tolong bawakan saya daun korma".

Kita semua tahu, ketika itu belum ada pesawat terbang, sehingga ketika ada seorang berangkat haji harus menggunakan kapal laut dan memakan waktu kurang lebih 4 bulan.

Ketika santri tersebut sudah pulang dari mekkah dan membawakan daun korma yang dimintanya ketika dulu, daun tersebut sudah layu dan kering karena tersimpan dalam tas santri tersebut.

Kemudian Kyai Badri nyletuk "Wah kok sudah kering", setelah itu Kyai Badri masuk ke dalam kamarnya. Sesaat kemudian, beliau keluar dan membawa daun korma yang masih segar dan masih bergetah. "Begini dong daun kormanya".

Seketika tamu yang datang di rumahnya Kyai Badri kaget dan bertanya-tanya darimana asal daun korma tersebut, padahal tidak ada satupun pohon korma di sini bahkan di Indonesia yang cuacanya tidak cocok untuk pohon korma.

Kyai Badri dikenal memiliki karomah dan ilmu yang luas, salah satunya ketika beliau sedang dipenjara di masa penjajahan Belanda, beliau sering menghilang dari penjara itu dan hanya terlihat sorbannya saja menggantung di pintu besi penjara.

Menjelang sholat subuh Kyai Badri sudah berada kembali lagi di penjara.

0 Response to "Karomah Kyai Badri Masduki Pergi ke Mekkah dalam Sekejap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel