Destinasi Wisata Bumiayu Terkece 2019 - Wisata Kab. Brebes

wisata bumiayu

GenerasiPenerus.com - Tempat wisata menjadi tempat yang spesial bagi siapun yang ingin menghilangkan kepenatan kesibukan sehari-hari.

Dengan kita melakukan rekreasi, maka kita akan lebih fresh dan lebih semangat untuk bekerja pada esok harinya.

Bagi kalian yang tinggal di wilayah Bumiayu, ada rekomendasi tempat wisata nih buat kalian, langsung aja kita bahas di bawah.

Namun tulisan ini bukan satu-satunya rujukan tentang berapa banyak destinasi wisata yang ada di bumiayu, karena penulis percaya masih banyak sekali tempat wisata yang belum penulis tahu.


1. Agro Wisata Kaligua


wikipedia.com

Tempat wisata ini terletak di kaki gunung slamet wilayah Bumiayu tepatnya di desa Pandansari Paguyangan Kab. Brebes, Kali Gua merupakan perkebunan teh bekas penjajah belanda yang msih berproduksi sampai saat ini. Kebuh teh kaligua ini dirintis sejak tahun 1889. 

Kebun teh kaligua berada pada ketinggian 1.500 – 2.050 m diatas permukaan laut, suhu di daerah Kaligua berkisar antara 8 – 28 Celcius.


Kebun teh ini masih sangat asri karena terletak di pegunungan, sejauh mata memandang kita akan melihat pemandangan yang luar biasa hijau, mulai dari pepohonan yang besar sampai dengan lahan pertanian warga yang sangat luas.

Bukan hanya pemandangan yang sangat indah yang bisa kita temui di Kaligua, melainkan fasilitas umumpun sudah sangat menunjang siapa saja yang mengunjungi tempat wisata ini.

Berikut ini beberapa fasilitas yang sudah disiapkan oleh pengelola kebun teh Kaligua :

  1. Tea walk
  2. Pembibitan teh
  3. Panen teh
  4. Pabrik pengelolaan teh
  5. Jasa layanan teh
  6. Penginapan
  7. Lapangan tenis
  8. Area camping
  9. Out bound games
  10. Bilyard
  11. Pelatihan ( Van de jong, mbah joko )
  12. Gua jepang
  13. Turbin kuno
  14. Gua barat
  15. Tuk bening
  16. Puncak sakrub
  17. Area parkir
  18. Aula
  19. Kolam mini untuk anak anak

3 Km Sebelum kita memasuki kebun teh kaligua kita akan menemui sebuah telaga/danau, yang dinamakan telaga ranjang, telaga ini berisi ribuan ikan lele, biasanya ada penjual roti juga disamping telaga, dinama roti tersebut yang nantinya dijadikan umpan buat ikan lele tersebut.

Dan yang membuat perasan sangat senang adalah ketika kita memberi umpan kepada ikan lele yang sedang bergerombol dengan jumlah yang sangat banyak sekali.

Setelah kita singgah ke telaga ranjang, mari kita lanjutkan ke Kebun Teh Kaligua.

Kebun Teh Kaligua sangat luas sekali, saya lupa berapa hektar luas keseluruhan kebun teh tersebut, yang jelas kita membutuhkan kendaraan jika ingin mengelilingi kebun tersebut, karena jika akan sangat melelahkan jika kita melakukannya dengan berjalan kaki.

Setelah kita melihat-lihat hijaunya kebun teh, ayo kita ke atas untuk melihat peninggalan penjajah belanda yang berbentuk Gua.

Gua ini dulunya digunakan tentara Belanda untuk menawan para tahanan, atau sebut saja sebagai penjara.

Di mulut Gua kita akan menemui replika patung tentara Belanda yang sedang berjaga.

Jika kita lanjutkan untuk masuk dan menelusuri Gua, kita akan merasakan suasana yang mencekam karena dinginnya suhu di dalam Gua.

Untungnya pengelola Kaligua sudah memberika penerangan dan juga peta di dalam Gua, jadi kita tidak perlu kawatir akan tersesat.

Di dalam Gua juga terdapat berbagai macam replika patung tawanan yang sedang dipenjara beserta tulisan keterangan yang menandakan setiap bagian Gua.

Ada bagian Gua yang diperuntukkan untuk menyimpan senjata, ada juga tempat khusus penjara bahkan ada sebuah mushola sebagai tempat beribadah para tawanan, yang tentunya zaman dulu pasti sangat mencekam suasananya.


2. Waduk Penjalin

google.com

Waduk Penjali terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Wisata ini mampu memberikan suasana yang berbeda kepada pengunjungnya.

Bagi kita yang merasa banyak beban pikiran karena kesibukan kita sehari-hari, kita bisa mengunjungi tempat wisata ini dan seketika kita akan merasa fresh kembali karena Wisata Waduk Penjalin ini mempunyai pesona keindahan yang sangat unik untuk dikunjungi. 

Nikmati pemandangan yang masih sangat asri di tempat ini, serta udara yang sangat segar membuat pengunjung semakin ingin berlama-lama di sini.

Kita bisa menjelajahi waduk dengan menyewa perahu yang sudah disediakan pengelola, sambil menikmati anugrah Tuhan Yang Maha Esa dan mensyukuri nikmat-Nya.

Disamping pemandangan alam yang indah, tak jarang pula kita bisa menyaksikan gadis-gadis cantik yang sedang mandi, tapi jangan kaget kalau kita juga melihat nenek-nenek di sekitaran waduk :D

Obyek Wisata ini tidak terlalu ramai jika di hari-hari biasa, namun akan terasa ramai sekali pada saat weekend maupun libur panjang seperti hari raya idul fitri dan akhir tahun.

Untuk menuju lokasi wisata inipun tidak terlalu sulit, karena lokasinya yang sangat strategis bisa dijangkau oleh kendaraan apapun, baik kendaraan angkutan umum maupun kendaraan pribadi kita.

Jika kita menuju lokasi dengan kendaraan angkutan umum kita bisa memilih menuju Desa Paguyangan terlebih dahulu, kemudian kita lanjutkan ke Desa Winduaji dengan ojek.

Namun alangkah lebih mengasyikan jika kita menuju lokasi dengan kendaraan pribadi kita, karena nanti kita bisa berjalan-jalan mengelilingi sekitaran waduk sambil santai-santai tanpa kawatir akan ketinggalan kendaraan.

3. Curug Putri


tempatwisataindonesia.id

Bumiayu merupakan wilayah potensial Brebes Selatan, karena pemandangan disana sangat indah, namun kurangnya dukungan dari pemerintah maupun masyarakat sekitar, potensi tersebut akhirnya tidak berkembang, seperti salah satunya obyek wisata Curug Putri.

Menurut cerita yang telah dituturkan secara turun temurun, curug putri ini merupakan tempat mandinya para bidadari dari kayanganan yang kemudian dari sanalah muncul istialh curug putri.

Maka muncullah kuwung (pelangi) yang konon katanya merupakan tangga penghubung antara bumi dengan kayangan.

Sebelumnya curug putri memiliki dua pancuran dan dinamakan curug kembar, namun seiring perkembangan waktu saluran air yang satu semakin mengecil debit airnya dan akhirnya menghilang.

Dan hanya tersisa satu pancuran air terjun saja yaitu curug putri yang mempunyai tinggi air terjun kurang lebih 35m.

Demikianlah beberapa destinasi wisata di bumiayu, tentu tulisan ini tidak bisa dijakian rujukan berapa banyak wisata yang ada di bumiayu, melainkan penulis hanya menuslikan berdasarkan pengelaman saja.

Apabila ada obyek wisata lagi yang ingin kalian bagikan silakan bisa ditambahi sendiri di kolom komentar.

Terima kasih telah berkunjung di GenerasiPenerus.com dan jangan lupa bahagia.

0 Response to "Destinasi Wisata Bumiayu Terkece 2019 - Wisata Kab. Brebes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel