10 Daftar Wisata Bumiijawa 2019 - Obyek Wisata Tegal

wisata bumijawa

GenerasiPenerus.com - Siapa yang tak kenal dengan Guci, Obyek Wisata di Bumijawa Kab. Tegal yang sangat terkenal dengan air panasnya.

Namun tahukan kamu, masih banyak sekali obyek wisata di Tegal khususnya daerah Bumijawa yang akan kita bahas berikut ini.

Mari langsung saja kita bahas satu persatu.

1. OW Pemandian Panas Guci

Pemandian panas guci

Berasa kurang lengkap jika kalian sedang ada di Bumijawa tapi tidak berkunjung ke Obyek Wisata yang satu ini.

Dengan suasana alam yang masih sangat asri dan pemandangan bukit hijau di sekeliling OW Guci membuat mata semakin dimanjakan.

Warga lokal juga sangat ramah, karena OW Guci termasuk ke dalam pedesaan yang kita semua tahu bahwa Indonesia terkenal dengan keramah-tamahannya terutama di wilayah pedesaan.

Di dalam wisata ini fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti penginapan atau villa, toilet di masing-masing pemandian dan juga kalau kita ingin naik kuda disini juga terdapat banyak sewaan kuda yang bisa kita naiki.

OW Guci memiliki banyak tempat pemandian, dari pemandian umum sampai pemandian khusus untuk perorangan saja, ada juga kolam renang panas dan Water Boom semakin membuat pengunjung OW Guci betah berlama-lama disini.

Jangan lupa kalau kita mengunjungi tempat ini selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan tetap jaga kesopanan.

Oke Ayo kita ke Guci :D

2. Pasar Tradisional Slumpring Cempaka

pasar slumpring

Deretan lincak atau meja berbaris rapi di Pasar Tradisional Slumpring Desa Cempaka, Kec. Bumijawa Kab. Tegal, dengan berbagai macam jajan tradisional yang jarang kita temui di pasar-pasar lainnya.

Disana kita akan bernostalgia dengan berbagai makanan tradisional seperti urap, ingkrig, srabi, nasi jagung, dan berbagai macam makanan tradisional lainnya seperti makanan dari olahan singkong dan ubi.

Menariknya, disini uang rupiah tidak akan bisa digunakan secara langsung, melainkan kita harus membeli koin bambu terlebih dahulu sebelum bisa berbelanja segala macam makanan tradisional yang ada. Kita bisa menukar satu koin bambu dengan harga Rp 5.000.

Dinamakan Pasar Slumpring sebab tempatnya yang khas dengan tumbuhan pring atau bambu.
Buka hanya pada hari minggu, dari pukul 07.00 WIB Sampai 12.00 WIB.

Disini juga terdapat live music yang dibawakan oleh pemuda-pemuda desa Cempaka, kadan kala juga menyanyikan lagu-lagu kenangan yang membuat suasana semakin tenang.

Sarana dan prasarana untuk menuju lokasi juga tidak terlalu sulit karena mudah dijangkau bagi siapapun baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang lalu lalang melalui cempaka.

Disamping pasar slumpring juga terdapat Tuk Mudal atau mata air yang luas, dan membuat suasana di sini semakin asri dan segar.

Tak hanya itu, jika kita berjalan sedikit ke barat, kita akan menjumpai Bukit BBC yaitu tempat wisata selanjutnya yang ada di desa cempaka, maka karena alasan inilah Desa Cempaka sering disebut sebagai Desa Wisata.

Tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Cempaka?

3. Bukit Baper

bukit baper

Bukit Baper merupakan kepanjangan dari Batursari Perkemahan ini bertempat tepat di perbatasan Kabupaten Tegal dan Brebes tepatnya di wilayah Bumijawa (Kab. Tegal) dan Sirampog (Kab. Brebes). Bukit baper terletak di Kab. Brebes, namun pemandangannya mengarah ke Bumijawa Kab. Tegal.

Bukit ini ramai dibicarakan di media sosial terutama oleh netizen di Kab. Tegal dan Kab. Brebes karena pemandangannya yang begitu indah.

Kalau kita berada di atas bukit ini, maka sejauh mata mamandang akan terlihat pemandangan pepohonan yang hijau dan rumah-rumah warga yang terlihat sangat kecil.

Tepat di lokasi juga terdapat bangunan menara dari bambu untuk melihat pemandangan lebih tinggi walaupun harus mengantri apalagi saat weekend, namun tetap hati-hati saat berada di atasnya.
Deretan perbuktian hijau menjadi pemandangan yang sangat menawan, suatu pemandangan yang tak boleh kita lewatkan.

Jalan untuk menuju bukit juga cukup mudah, kita cukup menuju Mentik melewati Bumijawa dan searah dengan lokasi Curug Cantel.

Memang layak di namakan sebagai bukit Baper, karena lokasinya yang terletak di pedesaan dan masih tergolong sunyi membuat siapapun yang berkunjung akan merasa "baper" :D.

Ayo tunggu apalagi, kita menuju Bukit Baper.

4. Bukit Kebon Teh Guci

bukit teh guci
wisatategal.com

Selain OW Air Panas Guci, di Guci juga masih banyak spot wisata lainnya yang tak kalah menawan, salah satuya bukit kebon teh.

Sebenarnya belum ada nama yang pasti untuk bukit ini, ada yang menyebutkanya bukit kebon teh, dan ada pula yang menyebutkan bukit bintang guci karena terinspirasi dari kota lainnya yang dapat melihat keindahan kerlipan lampu rumah warga dari atas bukit.

Setiap arah mata angin, kita bisa melihat pemandangan yang berbeda, kalau kita lihat ke arah utara, makan akan terlihat dengan jelas Kec. Bumijawa.

Sementara kalau kita melihat ke timur, maka akan terlihat perkampungan warga desa Guci.
Di sebelah selatan, kita bisa melihat Gunung Slamet, dan sebelah barat kita akan melihat perbukitan hijau yang luas.

Jika kita mengunjungi pada siang hari, pemandangan perbukitan dan Gunung Slamet akan terlihat jelas, sementara jika mengunjungi pada malam hari, maka akan terlihat jelas bintang-bintang dan gemerlapnya lampu rumah warga.

Perjalanan untuk menuju bukit ini terbilang cukup sulit, karena letaknya yang lumayan jauh dari permukiman warga, kalau kita mau kesana, patokannya adalah SDN 2 Guci dan masuk ke area perkebunan kemudian dilanjutkan naik ke atas bukit.

Kalau kita mau berkemah di bukit ini kita perlu meminta izin terlebih dahulu pada Ketua RT terutama pada warga sekitar.

Yang perlu diperhatikan adalah lokasinya yang cukup jauh membuat kita harus mempersiapkan segala sesuatunya terutama air, karena disini cukup sulit untuk menemui sumber mata air, dan persiapkan pakaian atau jaket yang tebal karena suhu disini cukup dingin yaitu sekitar 20 C.

Tertarik untuk berkemah disini ? :D

5. Bukti Cepu

bukit cepu
wisatategal.com

Bukit ini menjadi terkenal ketika mantan Presiden kita Susilo Bambang Yudonoyo megunjunginya pada tanggal 21 Februari 2013, ketika desa sekitar terjadi bencana angin ribut.

Lokasi bukit ini terletak di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.
Kalau kita ingin menuju lokasi bukit, kita perlu menyiapkan tenaga ekstra, karena lokasinya yang tinggi tidak dapat ditempuh dengan kendaraan, namun kita harus menaiki satu persatu tangga dari bawah bukit, dan katanya jumlah tangga yang ada berjumlah 950. Siap ? :D

Ketika kita sudah sampai di puncak bukit, maka lelah kita akan terbayar dengan pemandangan yang begitu indah, perbukitan hijau yang masih asri begitu mempesona siapapun yang melihatnya.

Bagi yang suka dengan fotografi atau menyukai suasana yang tenang dan sunyi, wilayah ini sangat cocok sekali buat kalian, namun perlu di perhatikan, karena letaknya yang jauh dari permukiman warga, akses publik seperti toiletpun agak susah untuk dicari.

Oh iya, saat kendaraan diparkir di bawah, terdapat semacam kotak donasi dari warga, dapat diisi secara ikhlas. Hitung – hitung untuk ongkos parkir.

Karena lokasi ini masih paling asri, usahakan kita selalu menjaga kebersihan dan keamanan tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan hal-hal yang melanggar hukum lainnya.

Oke lanjut ?

6. Candi Bumijawa

candi bumijawa
wisatategal.com

Tegal juga menyimpan peninggalan candi, terletak di Dukuh Bandasari, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Posisinya terdapat di lereng Gunung Slamet. Fisik Candi Bumijawa ini mnggunakan batu andesit dan merupakan candi hindu pada abad 8-10 M.

Namun candi ini ditemukan sudah tidak utuh, mungkin karena faktor usia dan lama ditinggalkan oleh warga yang kemudian memeluk agama Islam oleh para Wali di Jawa.

Disana terdapat candi sebagai perwujudan Dewa Syiwa, yang merupakan salah satu dari tiga dewa tertinggi pada Agama Hindu, serta perwujudan Parwati yaitu istri dari Desa Syiwa

Warga sekitar tidak tahu bahwa terdapat bangunan candi di sana, yang mereka tahu disana merupakan tempat yang keramat.

Untuk menuju lokasi candi kita harus mempersiapkan tenaga ekstra karena jalannya yang cukup jauh dan menanjak serta tidak bisa ditempuh dengan kendaraan.

Tertarik untuk berkunjung kesini?

7. Curug Cantel

curug cantel
wisatategal.com

Lokasi air terjun ini ada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal.
Lokasinya lumayan sulit dijangkau. Karena kita harus melawan arus sungai sejauh 400m dengan bebatuan yang lumayan besar.

Kita akan menemukan pemandangan yang unik, yaitu dua bukit yang terpisah oleh aliran sungai kecil, kita akan melewatinya dan jangan lupa untuk selalu waspada dan hati-hati karena jalannya lumayan licin.

Curug Cantel ini memiliki tinggi sekitar 60 meter. Jadi dapat kita dibayangkan alangkah tingginya air terjun ini yang membuat begitu indah dan eksotis.

Sangat cocok sekali bagi kalian yang suka berfoto, karena tempat ini masih sangat asri dan begitu segar udara di sekitar air terjun.

Ohya, masih ingat bukit baper?, kalau kita tepat di atas bukit baper, kita akan mendengar suara derasnya air dari atas bukit, dan ya, itu adalah Curug Cantel yang posisinya tepat di bawah Bukit Baper.

8. Curug Jejeg

curug jejeg
wisatategal.com

Curug Jejeg terletak tepat di atas Kali Sier Desa Jejeg Kec. Bumijawa Kab. Tegal.

Untuk menuju lokasi curug kita harus berjalan menapaki sungai yang lumayan licin, jadi selalu waspada dan hati-hati.

Suasananya masih sangat asri dan menyegarkan, ada juga bebatuan yang bisa kita gunakan sebagai tempat duduk dan merasakan segarnya percikan dari air terjun ini.

Jika kita akan menuju lokasi kita bisa memarkirkan kendaraan kita di parkiran yang terdapat disamping kali sier, kemudian kita harus berjalan kaki keatas sekitar 20 - 30 menit karena tidak bisa dilewati dengan kendaraan apapun.

Jangan lupa tetap memperhatikan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga selalu menjaga kesopanan kita.

9. Sindang Kemadu

sindang kemadu
wisatategal.com

Selain sebagai sumber mata air bagi warga Dukuh Pereng Kec. Bumijawa Kab. Tegal, tempat ini juga dibuat untuk tujuan rekreasi karena memang tempatnya yang sangat luas serta indah.

Tempat Wisata ini diberdayakan oleh warga sekitar dengan dibangun beberapa tempat tambahan dan membuat pemandangan sekitar Sindang Kemadu semakin menarik.

Pepohonan yang menjulang tinggi disertai keadaan sejuk khas pegunungan menjadi pemandangan keseharian di sini.

Beberapa perahu bebek pun sudah dipersiapkan dipinggiran danau untuk disewakan kepada wisatawan.

Beberapa gazebo pun berdiri cantik di pinggiran telaga, musholla, serta warung-warung yang siap menyediakan makanan lezat bagi kita yang kelaparan karena sudah berkeliling di Sindang Kemadu.

Lokasinya yang mudah dijangkau siapapun membuat tempat wisata ini kian ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Kita bisa masuk ke lokasi dengan kendaraan kita, baik menggunakan motor ataupun mobil.

10. WAGU (Wana Wisata Guci)

wagu
wisatategal.com

Selain OW Pemandian Panas Guci, disini juga terdapat wisata lainnya yaitu Wagu (Wana Wisata Guci) dikelola secara langsung oleh PT. Panca Karya Manunggal Sejahtera.

Lokasinya sengaja disiapkan untuk tujuan wisata keluarga, jadi janga kawatir semua fasilitas publik sudah sangat lengkap.

Suasana yang masih sangat asri membuat siapa saja betah berlama-lama disini, apalagi ditambah dengan saung bambu yang semakin membuat udara lebih terasa segar seakan-akan menyatu dengan alam.

Terdapat banyak fasilitas disini, seperti kolam renang, flying fox, saung, dan masih banyak lagi yang bisa membuat kita melupakan sejenak kepenatan kita.

Demikian sedikit informasi tentang beberapa tempat wisata yang ada di daerah Bumijawa, tentunya tempat wisata di Bumijawa masih banyak yang belum dituliskan, nanti kita bisa bahas di lain waktu sambil penulis berwisata terlebih dahulu :D

Terima kasih telah membaca ulasan ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan pembaca terutama diri pribadi penulis.

Wassalam.

0 Response to "10 Daftar Wisata Bumiijawa 2019 - Obyek Wisata Tegal"